Jumat, 22 Oktober 2010

Unduh Super Cepat Menggunakan lftp

Cukup bermodalkan sebuah jendela terminal dan program lftp, kita sudah mendapatkan sebuah pengelola unduhan dan penggegas unduhan (terjemahan versi saya sendiri dari download manager dan download accelerator) yang mampu menyedot semua kapasitas lebar pita (bandwidth) yang anda miliki. Saya sudah merasakan sendiri kesaktian pusaka pendekar-pendekar Linux yang satu ini, bahkan saat pengelola unduhan lain hanya mampu menggenjot kecepatan antara 1KB/s s.d. 10KB/s lftp mampu mendapatkan kecepatan diatas 50KB/s. Tapi harap diingat bahwa semua aktivitas internet lain akan terbengkalai dan macet total karena perkakas satu ini.

Okelah, tanpa berpanjang cerita lagi berikut ini perintah lftp dengan opsinya yang biasa saya gunakan untuk menyedot lebar pita di kampus.

Penjelasan:

  • lftp -c: opsi -c berarti kita memanggil perintah tertentu yang didukung oleh lftp, perintah dimasukkan dalam tanda kutip ganda
  • pget: perintah ini untuk mendapatkan sebuah berkas dengan banyak koneksi sekaligus
  • -c: opsi -c pada pget berguna untuk melanjutkan unduhan
  • -n 100: opsi ini memberitahu pget untuk menggunakan koneksi sebanyak 100, manual pget sendiri mengatakan bahwa opsi ini akan sangat mempengaruhi koneksi secara keseluruhan

Karena perkakas ini sangat rakus lebar pita maka ada baiknya jika rekan-rekan menggunakannya secara bijaksana agar tidak mengganggu koneksi internet di jaringan. Saya pribadi biasanya menjalankan perintah ini saat akan pulang dari lab pada malam atau sore hari.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah...
mantap nie info...
ini bisa beroprasi di Windows jg gk?!
kan lumayan juga klw lg diwarnet ber-OS Windows.

8 Februari 2011 pukul 23.13
Unknown mengatakan...

wah..
mantap infonya nie..
bisa beropereasi di Windows gak ya?
kan lumayan kalau lagi download diwarnet ber-OS Windows..

8 Februari 2011 pukul 23.15

Posting Komentar