Jumat, 22 Oktober 2010

Login ke Server SSH Tanpa Password

SSH sangat berguna untuk melakukan remote admininistration (administrasi jarak jauh) ke sebuah server. Ketika login ke server SSH biasanya (secara default) seorang user akan ditanyai kata kunci (password), setelah user tersebut memasukkan password dengan benar maka dia akan diberikan prompt di server yang akan di-remote. Namun ada kalanya kita ingin supaya login ke sebuah server tanpa password.

Loh kok bisa? Berarti ga aman dong? Bukannya password dibuat demi keamanan? Tenang dulu, walaupun di sini disebutkan tanpa kata kunci (password) bukan berarti cara ini tidak aman, alih-alih menggunakan kata kunci cara ini menggunakan kunci publik untuk autentikasi. Jadi untuk login ke server seorang pengguna harus memiliki kunci privat yang merupakan pasangan kunci publik yang ada di server, tanpa itu “get out of here”.

Karena cara ini membutuhkan sepasang kunci yang akan digunakan untuk autentikasi, maka ke-dua kunci ini perlu dibuat dulu di komputer yang akan digunakan untuk login melalui ssh ke server. Caranya mudah, buka sebuah terminal lalu jalankan peritah

1ssh-keygen -t rsa

Program ini akan memberikan beberapa pertanyaan cukup ikuti saja konfigurasi default dengan menekan tombol Enter. Passphrase sebaiknya kosongkan saja, jika nantinya tidak ingin mengisikan apapun saat akan login ke server namun untuk alasan keamanan passphrase sebaiknya tetap diisi.

Buat kunci untuk autentikasi

Buat kunci untuk autentikasi

Salin berkas ~/.ssh/id_rsa.pub ke server, biar lebih mudah gunakan saja scp dari terminal.

1scp ~/.ssh/id_rsa.pub root@10.10.10.254:/tmp

Login ke server dan tambahkan kunci publik ini ke ~/.ssh/authorized_keys atau (~ melambangkan direktori home user di server, bisa juga dituliskan dengan lengkap).

1cd /tmp
2cat id_rsa.pub >> /root/.ssh/authorized_keys

Selesai sudah pengaturan kunci yang akan digunakan untuk login, silakan logout dari server dan login kembali tanpa kata kunci.

Login Tanpa Password

Login Tanpa Password

i

0 komentar:

Posting Komentar