Kamis, 07 Oktober 2010

Membuat Auto Responder Sederhana

Persiapan Hardware dan software

Dalam ujicoba ini, saya menggunakan peralatan (hardware) sebagai berikut :

  1. Komputer Intel Celeron 3.06GHz dengan OS Windows XP Pro Service Pack 2
  2. Handphone (atau GSM Modem) Sony Ericsson G502 dengan kartu IM3 sebagai penerima sms (yang dihubungkan dengan komputer melalui USB)
  3. Handphone Haier C2000 dengan kartu Fren untuk pengirim sms.

Software yang saya gunakan :

  1. Sony Ericsson PC Suite Versi 5.009.000 (sebagai driver) (http://www.sonyericsson.com)
  2. XAMPP Versi 1.6.7 sebagai web server (http://www.nat32.com/xampp)
  3. NowSMS Versi 2008.06.03 sebagai gateway (http://www.nowsms.com)
  4. PHP Designer 2005 untuk menulis script php. (http://www.mpsoftware.dk). Software ini sifatnya hanya optional, jika tidak ada bisa menggunakan Notepad.

Proses Instalasi dan Pengujian

Setelah semua software di-install (saya rasa tidak perlu dijelaskan bagaimana caranya meng-install), perlu kita uji dulu, apakah semua software berfungsi dengan baik.

1. Jalankan Sony Ericsson PC Suite dan sambungkan handphone Sony Ericsson G502 dengan komputer. Jika berhasil akan terlihat tampilan sebagai beikut :

sms gateway using sony ericsson G502

2. Jalankan XAMPP Control Panel dan klik Start pada module Apache dan MySql

web server xampp php mysql

Setelah module Apache dan MySql running, buka Internet Explorer, dan ketikkan ‘http://localhost’ (tentu saja tanpa tanda petik) pada address bar. Jika berhasil akan tampil sebagai berikut :

xampp for windows

Menghubungkan GSM Modem dengan Gateway

Untuk menghubungkan GSM Modem (Handphone) dengan Gateway, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Jalankan NowSMS, mula-mula akan tampil sebagai berikut :

nowsms

2. Klik Add, pada SMSC Connection Type pilih GSM Phone or Modem. Klik OK.

nowsms

3. Pilih salah satu modem yang terdeteksi secara otomatis. Biarkan kolom Modem Pin kosong. Klik tombol Test and Add Modem.

nowsms

4. Jika berhasil akan keluar tampilan berikut :

nowsms

5. Klik Properties, akan terbuka window baru Modem Connection, masukkan nomor handphone yang tersambung dengan komputer ke kolom Phone Number. Beri tanda centang pada Receive SMS Messages. Biarkan kolom yang lain pada posisi default. Klik OK. Window Modem Connection akan tertutup. Klik Apply.

Sms Gateway - Modem Connection

6. Ketika ada pertanyaan ‘Configuration changes have been applied, do you wish to restart the service for the changes to take effect ?’ klik Yes.

Mengaktifkan Web Interface pada Gateway

Setelah modem terinstall dengan sukses, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Web Interface, caranya klik tab Web pada NowSMS.

nowsms

Pastikan Anda memberi tanda centang pada Enable menu driven web interface. Secara default Web Interface akan bekerja pada port 8800.

Kemudian buka juga tab Service.

nowsms

Beri tanda centang pada Run as a service

Sekarang coba kita buka Internet Explorer, dan ketikkan http://localhost:8800 pada address bar. Jika berhasil, akan terbuka halaman sebagai berikut :

nowsms

Nah, dengan web interface ini, kita bisa mengirimkan sms melalui komputer kita, caranya ketikkan nomor telepon tujuan pada kolom Phone Number dan isi sms pada kolom Text. Biarkan kolom-kolom yang lain dalam kondisi default. Kemudian klik Submit.

Pada langkah ini seharusnya sms akan terkirim ke nomor tujuan, jika tidak, periksa kembali semua konfigurasi pada langkah-langkah sebelumnya.

Sumber : http://bintangweb.com/sms-gateway-membuat-auto-responder-sederhana-bag-1/

0 komentar:

Posting Komentar