Jumat, 22 Oktober 2010

Mengendalikan Komputer Lain dengan x2x

Salah satu hal baru yang ada hari ini adalah datangnya kompi-kompi baru. Total ada 5 unit komputer yang siap dipake tuk kegiatan Pusilkom. Setelah diambil dari bagian IT Fasilkom, saya, Josef, dan Ijul langsung “ngetek” kompi-kompi tersebut tuk dipake masing-masing :D turut sedih tuk Maya dan Adhita yg blom kebagian kompi :P

Berhubung komputer yang sebelumnya saya gunakan masih bisa dipakai, saya memutuskan untuk memakai dua komputer itu sekaligus :P Tapi rasanya males juga kalau harus ganti-ganti keyboard dan mouse. Pengen rasanya punya KVM switch biar bisa cuma pake 1 keyboard, mouse, dan monitor. Loh, tapi kan ada 2 monitor, ngapain juga pake 1 monitor? Untung saya ingat program x2x yang bisa memberikan sedikit solusi. Dengan x2x, dua buah display dapat dikendalikan dengan 1 buah keyboard dan mouse.

2 monitor, keyboard, mouse

Duh, kok basa-basinya kepanjangan ya? Ini nih cara install dan makenya..

  1. Saya memakai Ubuntu dan kebetulan di repo ubuntu sudah ada paket x2x. Aplikasi x2x ini diinstall di komputer yang akan dikendalikan.

    komputerbaru$ sudo apt-get install x2x
  2. Setelah diinstall, tinggal diaktifkan deh programnya! Awalnya saya juga gak ngerti gimana cara nyalainnya, tapi akhirnya setelah googling, ketemu juga caranya :D

    komputerlama$ ssh -X komputerbaru /usr/bin/x2x -east -to :0

    Tinggal dimodif2 aja -east jadi yg lain. Trus kalau mau connect dari komputerbaru ke komputerlama, tinggal ubah -to menjadi -from.

    Kalau baca2 di manualnya, X11 Forwarding via ssh itu cuma salah satu cara aja. Cara yang lain belum saya coba :P

Setelah x2x aktif, coba gerakkan pointer mouse ke tepi layar. Setelah melewati batas, pointer mouse di komputer sebelah bisa digerakkan! Penekanan keyboard juga akan diteruskan ke komputer sebelah.

Yap.. itu aja, selamat bermain2 :D

Dikutip dari : http://fajran.web.id/tutorial/x2x

0 komentar:

Posting Komentar