Sabtu, 30 Oktober 2010

Berkirim pesan ke antar komputer di jaringan dengan Ubuntu

Berkirim pesan seperti ini layaknya aplikasi netsend pada platform Micro$oft Window$. Pada howto ini, saya memanfaatkan openssh server dan zenity sebagai aplikasi untuk berkirim pesan antar komputer dalam jaringan. Openssh server adalah sebuah aplikasi yang berjalan di background (daemon) yang bersiaga untuk menerima request ssh client. Zenity merupakan aplikasi untuk menampilkan GTK+ dialog di lingkungan grafis.

Untuk uji coba kali ini kita akan menggunakan dua (2) buah PC Ubuntu yang tentunya sudah terkoneksi ke jaringan komputer. Umpama, PC1 ber-IP=192.168.10.1 dan PC2 ber-IP=192.168.10.2

1. Install Openssh server pada PC yang akan kita kirimi pesan misal kita akan menginstall Openssh server pada PC1. Diumpamakan nama pengguna yang telah ada di PC1 adalah user1

buka Terminal Emulator, Application > Accessories > Terminal
pada console ketikkan:
sudo apt-get install openssh-server
lalu masukkan password milik pengguna yang sedang berjalan, dalam hal ini masukkan password milik user1
Tunggu hingga proses instalasi selesai

2. Pada Komputer PC2 buka program Terminal Emulator. Application > Accessories > Terminal
Pada console ketikkan:
ssh user1@192.168.10.1
masukkan password milik user1
jika benar kita akan membuka session ssh pada komputer PC1.
Ketikkan:
export DISPLAY=:0 && zenity --warning --text="HAI"

Kita bisa merubah HAI dengan kalimat yang ingin kita kirim. Jika semua benar maka pada komputer PC1 akan muncul window kecil seperti gambar dibawah ini:




jika Anda memanage Lab di sekolah yang kebetulan komputer2nya ubuntu, mgkn hal ini bisa bermanfaat untuk berkomunikasi secara sembunyi atau lebih tepatnya mengingatkan pengguna komputer kalo waktu main di lab habis atau untuk mengingatkan hal-hal lain.

Untuk penggunaan lanjut, zenity bisa dikerjasamakan dengan program cron, cron yaitu program seperti Scheduled Task pada Micro$oft Window$. Penggunaan lanjut ini misalnya: pada program cron kita men-set agar komputer secara otomatis menampilkan pesan menggunakan zenity pada jam 16.44, yang berbunyi "WAKTU INTERNETAN HABIS, 1 MENIT LAGI KOMPUTER MATI". lalu kita juga men-set cron agar men-shutdown komputer pada jam 16.45 secara otomatis.
Hasilnya, pada jam 16.44 secara otomatis akan ditampilkan zenity yang memunculkan pesan "WAKTU INTERNETAN HABIS, 1 MENIT LAGI KOMPUTER MATI" dan pada 16.45 secara otomatis komputer juga akan shutdown.
Untuk penggunaan ini mungkin akan saya bahas lain waktu.............Trims

SELESAI

0 komentar:

Posting Komentar