Sabtu, 04 Juli 2009

Multi User Remote Desktop pada Windows XP

Remote Desktop adalah salah satu fitur bawaan Wondows XP yang sangat bermanfaat. Kita bisa menggunakan komputer kita lewat jarak jauh selama masih terhubung dengan jaringan. Bayangkan saja kita bisa login ke komputer kita seolah olah didepan kita , padahal kita berada di ruangan lain yang jaraknya bisa ratusan meter.

Namun, secara default Windows XP hanya bisa memungkinkan satu user untuk login pada waktu tertentu. Jika sudah ada user yang login, maka user lain mencoba login secara remote maka user yang sudah masuk duluan akan ditendang .

Sebenarnya ada cara untuk mengakalinya. Simak saja langkah-langkah berikut ini.

1. Mengedit Registry

Langkah pertama untuk memungkinkan multi user remote ini adalah mengedit Registry Windows. Tekan tombol Windows+R untuk membuka Run, lalu tulis Registry.

* Masuklah ke dalam entry di Registry berikut ini HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\Licensing Core.

* Klik kanan disitu, lalu pilih New->DWORD Value.
* Setelah muncul DWORD baru , ganti namanya dengan memilih Rename atau tekan F2. Ganti dengan nama EnableConcurrentSessions.

* Klik kanan di entry EnableConcurrentSessions tadi dan pilih Modify. Masukkan Value data 1.








* Selsai, Registry sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Mengganti file termsrv.dll

Berikutnya yang harus kita lakukan adalah mengganti file termsrv.dll yang terletak di C:\WINDOWS\system32 dengan versi file yang sesuai.

Bila anda telah menginstal Service Pack maka kemungkinan versi termsrv.dll anda tidak bisa digunakan untuk Multi User Remoting.

Untuk mengeceknya klik kanan dan pilih Properties di file termsrv.dll ini.












Bila versinya sudah lebih baru dari versi 2055 maka anda harus menggantinya dengan versi 2055. Anda bisa mendapatkan versi 2055 tersebut di sini : http://members.lycos.nl/nessyh/files/term/termsrv.dll.

Untuk menggantinya anda harus masuk ke Safe Mode. Pada saat Start Up tekan F8 atau Del (tergantung mothernoard anda) dan pilih Safe Mode. Lalu anda bisa megganti file termsrv.dll anda.












(tips : siapkan back up file termsrv.dll asli anda dan kopikan lebih dulu termsrv.dll versi 2055 ke lokal sebab di Safe Mode anda tidak bisa menggunakan jaringan).

Setelah diganti anda bisa me-restart Windows anda ke mode normal.

3. Mengeset cara user Login.

Untuk bisa memanfaatkan Multi User maka layar login anda harus di set ke mode Welcome Screen (mode yang menampilkan Icon dan Username pada sebelum login). Bila layar login anda masih berupa form maka anda harus menggantinya.

Cara untuk menggantinya, masuk ke Control Panel -> User. Pilih Logon and logoff options. Centang kedua pilihannya.









Nah sekarang anda bisa mencoba menggunakan Multi User Remote. Selamat me-Remote !

0 komentar:

Posting Komentar