Minggu, 05 Juli 2009

Mematikan Komputer secara Otomatis

Saat kita mau tidur misalnya, kita sering membiarkan komputer kita menyala karena kita ingin mendengarkan musik untuk menemani tidur kita. Tapi jika komputer tersebut dibiarkan menyala sampai pagi maka itu merupakan suatu pemborosan listrik dan memperpendek umur komputer itu sendiri (mending kalo ngga tidur). Alangkah baiknya kita mengatur agar komputer dapat mati sesuai dengan jadwal yang telah kita atur.


Kita dapat mengatur agar komputer agar otomatis mati / shutdown dengan jadwal yang telah kita tentukan, misalnya setelah 1 jam, 2 jam dan sebagainya.
Trik kali ini akan menjelaskan bagaimana caranya mematikan komputer secara terjadwal tanpa menggunakan software apapun, karena sebenarnya Windows sudah meyediakannya. Kita tinggal mengaktifkannya saja.

Langkah-langkahnya :

Klik start - Run
Ketikkan: tsshutdn 500 /powerdown /delay:0 lalu klik tombol OK
Akan muncul kotak kecil yang bertuliskan System is shutting down in 500 seconds. Klik tombol OK
Besar kecil huruf dan spasi jangan sampai ada yang salah. Angka 500 menunjukkan bahwa komputer akan mati dalam waktu 500 detik, kita bisa mengubahnya sesuai keinginan kita namun satuannya harus dalam 'detik'. Untuk membatalkan perintah, aktifkan kotak yang bertuliskan 'Notifying Users, Type ^C to Cancel Shutdown' lalu tekan Ctrl+C (tombol Ctrl ditekan berbarengan dengan tombol huruf C).

Keterangan:
1 jam = 3600 detik
2 jam = 7200 detik
3 jam = 10800 detik
4 jam = 14400 detik
5 jam = 18000 detik, dan seterusnya

Dengan demikian kita bisa mengatur agar komputer dapat mati / shutdown sesuai jadwal yang kita inginkan.

Selamat mencoba...

0 komentar:

Poskan Komentar