Sabtu, 12 Juni 2010

Selamatkan File dari CD/DVD yang Error dengan Greenfish DataMiner

Terkadang saat kita membaca dan mengambil file yang ada pada sebuah CD/DVD untuk dipindahkan ke harddisk dengan cara biasa misalnya dengan copy-paste file pada Windows Explorer, terdapat error (data lost) dimana file pada CD/DVD tersebut tidak bisa dibaca lagi. Kalau sudah begini, proses copy file tersebut akan terhenti total, walau pun file yang error mungkin hanya satu/beberapa file saja.

Berikut ini ada sebuah software yang dikhususkan untuk menyelamatkan file data di CD/DVD yang error, namanya Greenfish DataMiner keluaran Greenfish Corporation.

Greenfish DataMiner merupakan program freeware gratis bersifat portabel (bisa langsung dijalankan tanpa perlu instal) yang simpel dan berukuran sangat kecil, tapi cukup handal untuk melakukan recovery file pada CD/DVD yang error atau rusak.
Menggunakan Greenfish DataMiner

Penggunaannya cukup mudah. Masukkan saja CD/DVD yang akan dibaca. Kita bisa langsung membaca file dengan klik ikon “Recognize files” (ikon bergambar kaca pembesar), dan DataMiner akan melakukan pencarian file. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai akan ditampilkan daftar file yang terbaca, dan kita bisa save file-file tersebut di hardisk dengan cara meng-extract-nya.

Walau pun kita bisa langsung menggunakan cara di atas, sebaiknya sebelum kita membaca file pada CD/DVD dengan aplikasi DataMiner ini, kita membuat “image” file secara utuh dari CD/DVD tersebut terlebih dulu, agar nantinya lebih lancar dalam proses pencarian file, dengan cara klik ikon bergambar folder bertuliskan “iso”. Selanjutnya baru membaca file dan dilanjutkan dengan menyimpan file tersebut seperti proses yang disebutkan di atas.
Download Greenfish DataMiner 1.1.0

File: gfdataminer110.zip (ukuran: 296 KB)

0 komentar:

Posting Komentar